Selasa, 22 Desember 2009

pembentukan BK DPR MAGETAN

PEMBENTUKAN BADAN KEHORMATAN DPRD MAGETAN DI WARNAI WALK OUT DARI FMB

SINAR KOTA MAGETAN

Seiring dengan musim penghujan dan panasnya udara di lereng lawu ini ternyata hamper sam dengan suhu politik di DPRD tingkat II Kabupaten Magetan. Dengan di gelarnya siding paripurna pada beberapa hari yang lalu dengan agenda pembentukan Badan Kehormatan (BK) dengan di warnai Walk out Fraksi Magetan Bersatu (FMB). Hal ini di sebabkan adanya perbedaaan pendapat tentang system pemilihan BK.

Dari FMB mengajukan system one man one vote (satu anggota dewan memilih satu nama) sementara dari lima fraksi yang lain yaitu PDI-Perjuangan, P.Demokrat,Golkar, fraksi Gerakan Patriot Kebangsaan dan Partai amanat Nasional mengajukan one man five Vote (satu anggota dewan memilih lima nama). Karena aspirasinya tidak di respon oleh lima fraksi yang lain dan merasa di dzolimi karena dari partai kecil maka mereka sangat kecewa atas ketidak adilan ini “ kata salah satu wakil partai.

Kelima fraksi yang sepakat dengan system one man five vote antara lain. PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Fraksi Gerakan Patriot Kebangsaan Nasional (GPKN) .sidang yang dimulai sekitar pukul 10.00 itu, enam fraksi (PDIP, FMB, Demokrat, Golkar, PAN, dan GPKN) mengajukan satu nama untuk dicalonkan sebagai anggota Badan Kehormatan.
PDIP mengusung nama Hari Siswanto, Supari diusulkan Demokrat, Golkar mengajukan Zakaria, Magetan Bersatu mengusulkan Suwarno, PAN membawa nama Sugeng Wahyono dan GPKN mengusung Sumari.
Setelah kelima nama tersebut muncul maka sidangparipurna membahas sistem pemilihan. karena anggota BK hanya lima nama. Padahal, fraksi yang mengajukan ada enam. Terjadi perdebatan sengit pada sesi ini.., pimpinan sidang yang lansung di pimpin ketua DPRD Joko Suyono dan didampingi wakil ketua Sofandi dan M. Shoim, menghentikan sidang selama 15 menit,untuk melakukan lobi-lobi antar fraksi.
Priyo Suwarsono, anggota Fraksi Magetan Bersatu angkat suara. Karena merasa sudah didzolimi, fraksi gabungan itu menyatakan keluar dari ruang sidang alias WO (Walk Out). ''Kalau aspirasi kami tidak diperhatikan, lebih baik kami keluar dari ruang sidang. Teman-teman sudah tidak memegang komitmen yang disepakati bersama antar-fraksi dari awal,'' kata Priyo, yang akrab dipanggil Nano itu.diikuti satu persatu, anggota Fraksi Magetan Bersatu keluar sidang. Anggota FMB, Bustomi Jauhari, sesaat sebelum meninggalkan ruang sidang sempat mengeluarkan uneg-unegnya. ''Kami sudah didzolimi. Dan ini akan membuat kinerja dewan untuk lima tahun mendatang tidak nyaman,'' kata Gus Tom, sapaan akrabnya.

sementara itu Ketua DPRD Joko Suyono menilai bahwa itu sebuah dinamika politik. ''Kami sangat menghargai keputusan teman-teman Fraksi Magetan Bersatu,'' kata Pria yang akrab dipanggil JKS ini kemudian, menawarkan kepada forum dan disetujui sidang paripurna jalan terus meski tanpa diikuti FMB. ''Meski teman-teman Fraksi Magetan Bersatu meninggalkan ruang sidang, jalannya sidang tetap sah karena kuorum,'' katanya

akhirnya tepilihlah dari lima fraksi itu yaitu Hari Siswanto (PDIP), Zakaria (Golkar), Supari (Demokrat), Sugeng Wahyono (PAN) dan Samuri (GPKN). Sedangkan Suwarno dari FMB tidak mendapatkan suara dengan sistem one man one vote tersebut
Menurut Ketua FMB, Suwarno, mengatakan, pihaknya tidak mengakui produk sidang paripurna tentang anggota BK ini. ''Saat rapat antar-fraksi dan pimpinan dewan, kami menilai keberadaan pimpinan dewan itu illegal. Tapi, kawan-kawan yang lain menganggap legal dan sah,'' ungkapnya. Oleh Karena itulah, Fraksi Magetan Bersatu mempersilahkan jika kelima fraksi lain tetap memaksakan kehendak melanjutkan sidang pembentukan BK. ''Sejak sidang pembentukan komisi, badan anggaran hingga badan kehormatan, kami sudah tidak ikut”imbuhnya.
Ketua dewan, Joko Suyono mengatakan, meski tanpa FMB, sidang tetap dilanjutkan. Sehingga, keanggotaan BK dan Badan Legislatif terbentuk, sesuai dengan mekanisme tata tertib dewan. Hasil akhir BK diketuai oleh Hari Siswanto dari PDIP dan wakilnya Supari (Demokrat). Sedangkan Badan Legislatif diketuai dr Pangayoman dari Demokrat sedangkan wakilnya M. Thohir (PDIP). ( Tq/tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar