Selasa, 22 Desember 2009

PNPM

MAGETAN ALOKASIKAN DANA PENDAMPING PNPM 6,9 MILYAR

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) salah satu program SBY dalam rangka pengentasan kemiskinan di masyarakat di sambut baik oleh pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Hal ini di sebabkan adanya keterlibatan masyarakat miskin yang ada di akar rumput untuk mengkonsep jalannya PNPM.

Salah satunya pemerintah daerah kabupaten magetan pada beberapa waktu yang lalu mengadakan semiloka PNPM yang langsung mendapatkan arahan dan petunjuk langsung dari kepala daerah Drs.H.Sumantri,M.M. Semiloka ini di ikuti oleh berbagai elemen mayarakat dari unsur dinas instansi yang berkompeten dalam bidang program kemasyarakatan dan sosial, serta para kepala desa dan penanggung jawab opersional kegiatan yang dipilih melalui hasil suara rakyat miskin di daerahnya masing-masing.

Menurut Bupati Magetan Program PNPM ini berbeda dengan program-program pemerintah yang lain yaitu memiliki suatu keunggulan tersendiri dengan adanya keterlibatan langsung masyarakat bawah dalam menjalankan program PNPM. dengan demikian menurut Drs.H.Sumantri,M.M terjadi suatu pendewasaan di masyarakat dalam menegakkan demokrasi, partisipasi dan rasa sosial yang tinggi dalam menolong dan membantu sesama. Sehingga Partisipasi masyarakat dalam pengentasan kemiskinan semakin meningkat dan kemandirian semakin bergulirnya waktu akan semakin mandiri dalam bidang ekonomi dan sosial.

Masih menurut Bupati Magetan pada tahun 2009 ini seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten magetan mendapatkan dana PNPM. Namun dalam pembagian wilayah terbagi dalam tiga bagian yaitu PNPM Generasi yang berada di Kecamatan Poncol, Lembeyan,bendo,Kawedanan,Plaosan,Karas, Barat, Ngariboyo dan Kecamatan Panekan. Dan selanjutnya PNPM Mandiri Pedesaan yang mendapatkan antara lain kecamatan Sukomoro,Parang,Nguntoronadi,Takeran,Sidorejo, dan kecamatan Kartoharjo. Sedangkan untuk PNPM Perkotaan antara lain Kecamatan Magetan, Maospati dan kecamatan karangrejo.

Dalam sambutannya Drs.H.Sumantri M.M mengatakan bahwa APBD II magetan tahun 2009 telah mengalokasikan dana pendamping sebesar 6.980.000.000. Selain itu Bupati Magetan juga berpesan kepada seluruh pelaku program PNPM untuk harus berpihak kepada rakyat Miskin yakni dengan jalan menciptakan lapangan erja, pemerataan keadian dan kemandirian masyarakat (Tq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar